Oktober 27, 2010

OMR - Aplikasi Koreksi LJK - Lembar Jawaban Komputer ujian.

Dengan harap-harap cemas, kemarin googling buat nyari aplikasi OMR gratisan. Dan ternyata gak ketemu. OMR (Optical Mark Recognition) menurut jaja sangat relevan jika dihubungkan dengan kegiatan koreksi lembar jawaban komputer. Meskipun beberapa waktu yg lalu hal ini masih tabu di sekolah oni (berhubung ongkos yg harus ditebus). Namun angin segar mulai berhembus. Sekolah, mulai dari yg di desa, punya uang. Bisa beli komputer, printer, nyambung listrik, bayar upah tenaga admin, beli scanner. Eike rasa mulai sekarang saat yg tepat untuk mulai mempertimbangkan istilah "Computer aided student examination".
Berputar-putar dikepala imah ide tentang aplikasi omr. Memang terdapat isyarat tentang aplikasi ini di beberapa situs web/forum, namun tak serinci yg ogud bayangkan. 2 hari ini berbekal GETPIXEL dari "system.drawing" tampaknya membuahkan hasil. Aplikasi VB.net koe udah kenal dengan penamaan melalui model LJK (lembar jawaban komputer). Seperti yang diterapkan pada form, misalnya pada saat tes pns atau LJK ujian nasional. Sejauh ini yg jadi masalah adalah input perangkat scanner. Meskipun belum dicoba, oon yakin masalah yg timbul pada scanner adalah positioning. Implementasi pergeseran pixel dan rotasi pada saat scan.

Belum ada yg dapat ongki tulis baik source code maupun compiled code. Mungkin di post mendatang, jojo tulis dikit struktur dan alur code nya. Mesti mampir di forum matematika dulu nih. Meski pahit yg iin rasakan, tapi gak pa-pa. Baru dua post di forum matematik, udah di salak ama member senior. Dibilang Dak bisa bedain mana jari-jari mana 1/2 diameter. Dasar anak matematik!

17 Nov '10: Thanks untuk forum visual basic coder, fungsi dasar aplikasi telah rampung.
Find me a sponsor please :)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

coba deh pake Form Suite dari pegasus imaging.

Yopibest mengatakan...

Thanks atas responsnya.

Posting Komentar