April 23, 2013

Bagaimana Memeriksa dan Mengekspor Export Berbagai Data dari Aplikasi Pendataan Dapodik dari Dikdas Kemdikbud ?


Apabila anda salah satu dari operator dapodik disekolah dan mengalami saat upload data tidak sesuai dengan apa yang diketik pada aplikasi pendataan, ada baiknya memeriksa kembali apakah terdapat kesalahan dalam entry data. Langkah yang umumnya dapat dilakukan adalah dengan memastikan bahwa aplikasi yang dipasang adalah aplikasi yang terbaru. Namun  berhati-hati ketika menggunakan data lama untuk di-restore ke aplikasi baru, atau ada entry yang seharusnya dilakukan dalam kondisi online. ANDA SANGAT DISARANKAN UNTUK BERKONSULTASI DENGAN KKDAPODIK. Namun apabila anda hanya sekedar ingin melihat data yang dientry, atau apabila ingin melakukan ekspor data (misalnya data sarana, prasarana, rincian jumlah mengajar PTK perminggu, rincian Siswa, serta data-data lainnya) kedalam format excel, maka anda memerlukan
Program untuk menampilkan dan memeriksa cek data hasil entry program aplikasi pendataan dikdas kemdikbud Dapodik.

ATAU

Program untuk membuka dan ekspor data hasil backup lokal dapodik sebenarnya tersedia. Setidaknya anda bisa mencoba program "sqliteadmin". Program ini cukup terkenal dan mudah digunakan. ATAU anda bisa mencoba program "Baca Tabel Dapodik.zip". Untuk menggunakan program ini, .Net Framework 2.0 sudah harus terpasang dikomputer. (Jika anda tidak mau pusing dengan .Net Framework, maka pasanglah aplikasi ini pada Windows 7). 

Sekali lagi saya tekankan bahwa kedua aplikasi ini hanyalah alat untuk membaca/memeriksa dan Ekspor Excel dari isi data dapodik menggunakan SQL. Meskipun anda bisa melakukan modifikasi dengan alat ini namun sangat TIDAK DISARANKAN untuk melakukan modifikasi. Selalulah berkonsultasi dengan KKdapodik atau dapodik pusat via email.

3 komentar:

Deni Demian Renovtri mengatakan...

boleh Ijin Download ya...

Anonim mengatakan...

Thank Q

Dapobego mengatakan...

Makasih Buanget Suhuuuu... Mo ngintip Jeroan Sibego dulu.... soalnya hsl sync eror mulu...

Posting Komentar