Juni 03, 2009

Apa itu PC?



Singkatnya, PC adalah huruf inisial dari Personal Computer diartikan "Komputer Personal".
Dikatakan komputer personal karena dapat dioperasikan secara sendiri-sendiri tanpa memerlukan peralatan tambahan diluar definisi PC.

Istilah PC dapat dipahami melalui:
  1. Sejarah komputer
    Bahwa komputer dinamakan komputer ketika ia berwujud kumpulan mesin-mesin yang saat ini dinamakan komputer mainframe.
    Baca: Mainframe.
    Sehingga personal computer diistilahkan untuk komputer yang digunakan oleh orang-orang secara mandiri dan berwujud kecil jika dibandingkan komputer mainframe.
  2. Produsen
    Bahwa istilah PC dipopulerkan oleh IBM dengan Microsoft sebagai penyedia system operasi. IBM dan Intel merancang sebuah processor dengan software yang dipisah dalam penjualan. Kesuksesan ini diikuti pula oleh produsen lain dengan memproduksi komputer sesuai dengan standar IBM-PC. Baca: IBM PC Compatible

Setelah memasuki abad 21 (dan ternyata ramalan kiamat thn 2000 salah), produksi komputer kian pesat, juga dalam beragam wujud, untuk itu, istilah PC diperlukan untuk membedakan berbagai wujud komputer dengan PC sebagai standar komputer untuk keperluan umum atau "general purpose".

Secara mendalam dapat anda baca:
Komputer Pribadi menurut wikipedia

"A personal computer (PC) is any general- purpose computer whose size, capabilities, and original sales price make it useful for individuals, and which is intended to be operated directly by an end-user with no intervening computer operator."